Di postingan pertama saya ini, saya akan mencoba share ilmu yang saya dapatkan dari kawan sesama bloger, www.bojalinuxer.blogspot.com tentang mengubah tampilan ubuntu 11.10 menjadi macubuntu.
Install Gnome-tweak-tool.
$ sudo apt-get install gnome-tweak-tool
Install Compizconfig-setting-manager.
$ sudo apt-get install compizconfig-setting-manager
Install Cairo Dock.
$ sudo apt-get install cairo dock

Setelah Compizconfig dan gnome-tweak-tool diinstal, tekan tombol Alt+F2 untuk menampilkan Dash dialog Run, pada kotak pencarian ketik “about:config” tanpa tanda kutip lalu tekan Enter.
Muncul sebuah jendela, CompizConfig Settings Manager. Masuk pada tab “Behaviour“, ubah “Hide Launcher” menjadi “Auto hide“.
Kemudian pindah ke tab “Experimental“. Pada halaman tersebut, ubah nilai pada “Panel Opacity” dan “Launcher Opacity” menjadi “0.5000” dan “Launcher Icon Size” menjadi “32“.
Buat sebuah folder pada desktop Anda lalu beri nama dengan “macbuntu-x“. Download empat paket theme Macbuntu-Xi dan theme Cairo dock Macbuntu-Xi-Dock serta sebuah gambar untuk background Aurora.jpg. Simpan pada folder “macbuntu-x” yang telah dibuat pada Desktop.
Link Daownload Macbuntu-Xi theme:
Buka Terminal (Ctrl+Alt+T) lalu ketikan satu-persatu perintah di bawah ini :
$ cd Desktop/macbuntu-x
$ sudo tar -C /usr/share/themes/ -xzvf Macbuntu-Xi.tar.gz
$ sudo tar -C /usr/share/icons/ -xzvf Macbuntu-Xi-Icons.tar.gz
$ sudo tar -C /usr/share/icons/ -xzvf Macbuntu-Xi-Cursors.tar.gz

$ sudo cp aurora.jpg /usr/share/backgrounds
Ubah perijinan folder themes, icons dan background supaya dapat digunakan oleh user biasa dengan mengetik perintah berikut lalu menekan Enter.
$ sudo chown -R root.root /usr/share/themes/
$ sudo chmod -R 0777 /usr/share/themes/
$ sudo chown -R root.root /usr/share/icons/
$ sudo chmod -R 0777 /usr/share/icons/
$ sudo chown -R root.root /usr/share/backgrounds/
$ sudo chmod -R 0777 /usr/share/backgrounds/
Langkah selanjutnya adalah menerapkan theme Macbuntu-Xi yang telah kita tambahkan. Tekan kombinasi tombol Alt+F2 lalu ketik “advanced settings” untuk menjalankan gnome-tweak-tool.
Ubah pada “Window theme” menjadi “Macbuntu-Xi“, ubah pada “Cursor theme” menjadi “Macbuntu-Xi-Cursors“, ubah pada “Icon theme” menjadi “Macbuntu-Xi-Icons” dan ubah pada “GTK+ theme” menjadi “Macbuntu-Xi“.
Selanjutnya ganti background dengan aurora.jpg yang telah diunduh sebelumnya. Jalankan “Appearance” lalu tekan tombol “+” untuk menambahkan wallpaper baru. Cari lokasi penyimpanan file aurora.jpg di “/usr/share/backgrounds/aurora.jpg“, tekan open maka aurora kini menjadi background.
Selanjutnya masuk ke terminal, dan jalankan perintah berikut :
$ sudo gedit /etc/lightdm/unity-greeter.conf
Cari tulisan berikut :
background=/usr/share/backgrounds/warty-final-ubuntu.png
Kemudian ganti dengan nama gambar dan lokasi tempat Anda menyimpan gambar yang akan digunakan menjadi background LightDM.:
background=/home/pxpoenya/applechooil.png
Di sini menggunakan gambar applechooil.png yang saya simpan di direktori pxpoenya.
Simpan perubahan, kemudian tutup.
Logout untuk melihat perubahan, kemudian masuk kembali.
Tekan Alt+F2, kemudian tuliskan Cairo-Dock (no OpenGL). Perintah ini untuk menjalankancairo.
Klik kanan pada cairodock lalu pilih menu “Cairo-Dock” lalu pilih “Configure“.
Pada jendela “Cairo-Dock Configuration” buka tab “Themes” lalu tambahkan theme Macbuntu-Xi-Dock dengan cara menekan tombol “Open“, cari tempat penyimpanan di “~/Desktop/macbuntu-x/Macbuntu-Xi-Cairo.tar.gz” lalu tekan tombol “OK“. Tekan tombol “Apply” untuk mengextract Macbuntu-Xi-Cairo.tar.gz lalu tutup jendela Cairo-Dock Configuration“. Buka kembali “Cairo-Dock Configuration“, cari dan pilih theme Macbuntu-Xi-Dock pada tab themes lalu tekan tombol “Apply” untuk menerapkan theme Cairo-Dock tersebut.
Untuk melihat perubahan seluruhnya, logout dari sesi saat ini. Pada login screen LightDM, tekan tombol “Gear” lalu pilih sesi “Cairo-Dock (with Gnome and effects)” untuk memasuki sesi Ubuntu yang akan langsung menjalankan Cairo-Dock.
selamat menikmati, betapa indah dan mempesonanya tampilan she..... open source,
Abdshomad anak rajin
Abdshomad anak penurut
Abdshomad anak yang baik hati  

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar